CARA KERJA TELEGRAF
Hasil gambar untuk TELEGRAF

Sebelum mengetahui cara kerja alat ini, kita harus tau dulu apa itu "Telegraf"

Telegraf 
Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Alat ini digunakan sejak 1809,


Telegraf elektrik pertama kali ditemukan oleh Samuel Thomas von Sommering pada tahun 1809. Kemudian pada tahun 1832, Baron Schilling membuat telegraf elektrik pertama.Carl Friedrick dan Willhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf elektrik untuk alat komunikasi tetap pada tahun 1833 di Göttingen. Telegraf komersil pertama dibuat oleh William Fother Cooke dan dipasarkan pada Great Western Railway di Inggris. Telegraf ini dipatenkan di Inggris pada tahun 1837. Telegram ini dikirimkan pada jarak 13 mil/21 km dari stasiun Paddington ke West Drayton dan mulai dioperasikan pada tanggal 9 April 1839.

Berikut ini merupakan penemu-penemu telegraf :

Hasil gambar untuk Samuel Morse Hasil gambar untuk alfred vail



Samuel Morse, Gugleilmo Marconi, Alexander Bain, Alfred Vail

Kelebihan dan Kekurangan Telegraf
Kelebihan: 
Dapat membantu komunikasi jarak jauh dan lebih cepat, tanpa harus melalui pesan yang harus di kirim dengan waktu yang lama untuk sampai ke penerima.

Kekurangan:
Masih harus menggunakan kode tertentu dan cukup mahal karena hanya satu kata pun itu cukup mahal jadi kadang orang yang menggunakan telegraf hanya menggunakan kata singkat 

Cara Kerja Telegraf
  1. Mesin telegraf harus terhubung melalui serangkaian kabel agar dapat bertukar pesan.
  2. Operator akan memasukkan pesan dalam kode Morse, sedangkan penerima akan mendapatkan pesan dalam bentuk klik yang timbul akibat dua lempeng logam yang saling berbenturan.
  3. Dengan mendengarkan pola klik dalam bentuk kode morse, operator kemudian mencatat, menerjemahkan, dan meneruskan pesan kepada penerima.
  4. Pada akhir tahun1800-an, telegrafi nirkabel mulai muncul sehingga pesan bisa dikirim melalui gelombang radio.
Sumber : Brainly








Komentar

Postingan populer dari blog ini