PENGGOLONGAN JARINGAN KOMPUTER

Hasil gambar untuk jaringan adalah
Sebelum saya menjelaskan penggolongan jaringan, saya akan menjelaskan pengertian Jaringan terlebih dahulu. 

Jaringan merupakan sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi sehingga memungkinkan terjadinya pemakaian bersama sumber daya dan komunikasi dara. 

Penggolongan Jaringan


Hasil gambar untuk orang belajar komputer


Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data 


Jaringan komputer dibagi menjadi jaringan terpusat (host based network) dan jaringan terdistribusi (distributed network). 


  •  Jaringan Terpusat terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host) Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu), yaitu terminal yang tidak memiliki alat pemroses data. Contohnya sebuah monitor yang terhubung secara fisik dengan komputer induk. 
  • Jaringan Terdistribusi terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat. 
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer dalam Pemrosesan Data

Berdasarkan cara akses dan pemrosesan data, jaringan komputer dapat dibagi menjadi jaringan client-server dan jaringan peer to peer

Jaringan client-server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client. Server berperan menyediakan layanan, seperti pengaksesan file, periferal, maupun database. 

Jaringan peer to peer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung. Prinsip jaringan ini adalah bahwa setiap komputer dalam jaringan dapat berfungsi sebagai penyedia layanan (server) sekaligus client.

Penggolongan Jaringan Berdasarkan Jangkuan Wilayahnya 


Hasil gambar untuk jangkauan wilayah

Berdasarkan jangkuan wilayahnya, jaringan dibagi menjadi 5. Yaitu ;

  • LAN (Local Area Network), merupakan jaringan yang cakupnya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan, gedung, atau kompleks.
  • MAN (Metropolitan Area Network), merupakan jaringan yang mencakup suatu kota atau metropolitan terdekat. Dapat dikatakan MAN merupakan gabungan 2 atau lebih LAN
  • WAN (Wide Area Network), merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas dan biasanya memanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon
  • CAN (Campus Area Network), adalah jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih
  • Intranet, merupakan jaringan informasi suatu perusahaan atau organisasi. Intranet terbatas penggunaannya pada anggota/karyawan perusahaan dan organisasi.  
Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya

Berdasarkanmetode koneksinya, jaringan dapat dibagi menjadi jaringan berkabel (wired/wireline network) dan jaringan tanpa kabel/nirkabel (wireless network) dan jaringan tanpa kabel/nirkabel (wireless network)

Jaringan berkabel, sesuai sebutannya merupakan jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan.

Penggolongan Jaringan Berdasarkan Topologinya 

  • Topologi Mesh, adalah bentuk hubungan antarperangkat di mana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lain yang ada di dalam jaringan.

 Hasil gambar untuk topologi
  • Topologi Star, adalah bentuk topologi jaringan yang berpusat pada satu node tengah ke setiap node atau pengguna. 
Hasil gambar untuk topologi
  • Topologi ring, adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke 2 titik yang masing-masing terhubung ke 2 titik lainnya sehingga membentuk jalur lingkaran
Hasil gambar untuk topologi
  • Topologi bus, merupakan topologi yang awal digunakan untuk menghubungkan komputer. Pada topologi ini masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal dan pada akhir dari kabel harus diakhiri dengan satu terminator. 
Hasil gambar untuk topologi


Jadi sekian Informasi yang telah saya berikan
Semoga bermanfaat~








Komentar

Postingan populer dari blog ini